TOBOALI, SANGSURYABABEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan telah melakukan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024.

Komisioner KPU Kabupaten Bangka Selatan Divisi Perencanaan, Data dan informasi, Rahmad Nadi, menjelaskan setidaknya sekitar 85% lebih data pemilih yang sudah dicoklit hingga 7 Maret 2023.

Meski belum mencapai 100%, namun Nadi memastikan cakupan tersebut sesuai dengan target dari KPU Pusat. Nadi juga menerangkan bahwa belum ditemukan data ganda karena belum dikonfirmasi secara keselurhan.

“Proses coklit saat ini sudah 85%, sampai saat ini belum ditemukan data ganda, nanti setelah terekap secara keseluruhan baru akan terkonfirmasi ada atau tidaknya data ganda,” ujar Rahmad Nadi kepada awak media.

Dia mengatakan, proses coklit dimulai sejak 12 Februari sampai 14 Maret 2023 mendatang dengan melibatkan 539 anggota Pemuktahiran Data Pemilih yang tersebar di 50 desa dan 3 kelurahan.

Rahmat Nadi menjelaskan, sejauh ini para Pantarlih di lapangan tidak mengalami kendala dalam proses pencoklikan.

“Alhamdulillah untuk sejauh ini semuanya berjalan dengn lancar dan kita targetkan proses coklit nantinya akan selesai sesuai tahapan,” kata dia.