SANGSURYABABEL.COM — Musyawarah Wilayah (Muswil) 1 Ikatan Keluarga Minang (IKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal digelar pada 27 Mei 2023.

Muswil mengagendakan pemilihan ketua umum untuk tingkat provinsi Bangka Belitung atau Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Bangka Belitung.

Peserta Muswil yang diperkirakan mencapai 100 orang, berasal dari perwakilan pengurus daerah kabupaten/kota hingga kecamatan.

“Alhamdulillah kita telah memulai persiapan untuk Muswil I 2023. Mohon dukungan segenap keluarga besar IKM untuk menyukseskannya,” kata Ketua Panitia Muswil I IKM Bangka Belitung, Syafrida Kusuma Jaya pada media, Jumat (12/5/2023).

Syafrida menuturkan, Muswil bakal dilaksanakan di gedung serbaguna Rumah Gadang IKM Pangkalpinang.
Saat ini persiapan Muswil telah berjalan 50 persen dan akan terus dimatangkan jelang hari pelaksanaan.

Panitia berusaha semaksimal mungkin menghelat Muswil yang bakal menjadi tonggak sejarah karena kali pertama dilaksanakan di negeri penghasil timah dunia, Bumi Serumpun Sebalai.

“Nanti ada penjaringan nama-nama calon ketua DPW Bangka Belitung. Kemudian dibawa ke Muswil dan disahkan oleh pengurus pusat,” ujar Syafrida.

Saat ini di Bangka Belitung tercatat sebanyak tujuh pengurus daerah tingkat kabupaten/kota dan empat tingkat kecamatan.

Selain pemilihan ketua, Muswil juga menyiapkan tim formatur yang akan menetapkan jajaran pengurus serta program kerja lima tahun ke depan.

Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan, IKM tetap menjadi wadah silaturahmi keluarga besar minang di Bangka Belitung.

“Di sela kesibukan masing-masing kita tetap aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan tentunya selalu bersinergi dalam pembangunan daerah,” pungkas Syafrida.