SANGSURYABABEL.COM – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui UPT Puskesmas Rias gelar Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) di Gedung Puskesmas Rias, Kamis (8/6/23).

Saat ditemui tim redaksi Kepala UPT Puskesmas Rias dr. Chory Nurtice Handayani mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan untuk pasien-pasien dengan penyakit kronis ini merupakan kejasama atara UPT Puskesmas Rias, dengan BPJS dan Prodia.

“Ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan puskesmas rias bekerjasama dengan BPJS dan Prodia, kegiatan ini namanya Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) untuk pasien-pasien yang mempunyai penyakit kronis baik itu darah tinggi, gula, jantung, ginjal dan lain-lain. Pemeriksaan ini dilakukan enam bulan sekali jadi dalam satu tahun itu ada dua kali kota laksanakan,” ujarnya.

Selanjutnya, dr. Chory menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah agar pasien mengetahui bagaimana keadaan organ-organ tubuh dari pernyakit yang diidap para pasien.

“Tujuan kegiatan ini adalah supaya kami baik dari tenaga kesehatan maupun pasiennya mengetahui bagaimana sebenarnya keadaan organ-organ dalam tubuhnya contoh misalnya pemeriksaan pasien sakit gula, akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui bagaimana fungsi ginjalnya seperti apa trus kadar gula dalam tubuhnya seperti apa dan lain sebagainya. Intinya untuk melihat seperti apa kondisi seluruh kesehatan organ penyakit tersebut,” ungkapnya.

Kemudian, dr. Chory menjelaskan persyaratan untuk mendapatkan pelayanan dari kegiatan tersebut. “Jadi persyaratan pertama mereka harus terdaftar dulu BPJSnya di Puskesmas Rias, kedua pasien tersebut mengidap penyakit-penyakit tertentu darah tinggi, gula, jantung, ginjal dan lain-lain, kemudian pasien yang rutin minum obat,” imbuhnya.

Terakhir, dirinya mengaja masyarakat untuk periksa kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat agar menjadi pasien-pasien mandiri bahagia dan sembuh.

“Antusias pasiennya cukup tinggi karena pemeriksaan yang tergolong mahal melalui Prolanis ini diberikan secara gratis. Untuk itu ayo semua masyarakat kita yang mempunyai penyakit darah tinggi, gula, jantung, ginjal dan lain-lain ayo periksa ke Fasilitas Kesehatan terdekat, kontrol bagaimana keadaan kesehatannya terus minum obat yang lengkap supaya menjadi pasien-pasien mandiri, bahagia dan sembuh,” tutupnya.

 

Sumber: Diskominfo Basel